Adab-Adab Menjelang Tidur Serta Do'a Sebelum Dan Sesudah Tidur

Di postingan kali ini saya akan post sebuah do'a yang sunnah kita bacakan saat akan tidur. Supaya kita mendapat penjagaan dari Allah SWT sampai pagi.

Postingan ini terinspirasi dari ingatan saya mengenang masa-masa masih kecil dulu yang sering diajari do'a-do'a harian yang pada zaman sekarang ini sudah banyak dilupakan oleh orang tua untuk mengajari anak-anaknya.

Anak zaman sekarang lebih mudah dan senang diajak bermain gadget daripada belajar do'a-do'a harian yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Adab dan doa sebelum tidur sesuai sunnah

Ya, sebagaimana yang kita ketahui bahwa agama Islam itu sangat indah sekali. Sampai-sampai hal kecil sekalipun ada pembahasannya, seperti makan dan minum, saat akan tidur, bangun tidur, saat mimpi baik ataupun mimpi buruk ada do'anya.

Jika kita mengikuti adab-adab sebelum dan sesudah tidur yang telah diajarkan oleh Rasulullah, maka tidur kita pun akan bernilai ibadah.

Adab dan do'a sebelum dan saat bangun tidur


Untuk itu, sebelum kita memejamkan mata, ada beberapa adab-adab yang sunnah kita lakukan sebelum dan saat bangun tidur. Berikut adalah adab-adabnya :

1. Berwudhulah terlebuh dahulu sebelum pergi ke tempat tidur.

2. Padamkan lampu kamar, api (jika sebelumnya menyalakan lilin, kompor dll), tutup rapat pintu, jendela, bejana, makanan dan minuman sebelum beranjak ke tempat tidur.

Hal ini sesuai dengan hadits Nabi yang diriwayatkan dari Jabir RA :

Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman".
(Muttafaq’alaih).

3. Kibaskan sprei 3 kali sebelum berbaring di tempat tidur. Hal ini berdasarkan hadist dari Abu Hurairah :

Bila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengirapkan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…

Di dalam satu riwayat dikatakan, “3 kali” (Muttafaq'alaih).

Dalam penjelasan lain, hal ini dilakukan karena bisa jadi di tempat tidur yang akan kita pakai tersebut ada anak-anak jin yang tidur disana.

4. Gunakan posisi tidur dengan badan miring ke sebelah kanan. Posisi berbaring ke sebelah kanan ini adalah posisi yang dianjurkan Nabi SAW dan paling baik dari segi kesehatan.

5. Bacalah surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas kemudian tiupkan ke telapak tangan. Lalu usapkan ke seluruh tubuh, mulai dari ujung kepala, wajah dan tubuh bagian depan yang dapat dijangkau.

6. Bacalah ayat kursi. Hal ini dilkukan supaya kita dijaga oleh Allah dari gangguan syetan sampai pagi.

7. Bacalah do'a sebelum tidur.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut

"Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati".

Atau juga dengan do'a yang ada dalam hadits Nabi di bawah ini:

Bismika Allahumma Amuutu Wa ahya

“Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku mati dan aku hidup.” (HR. Al Bukhari).

Baca juga do'a di bawah ini dan dzikir-dzikir yang lain hingga terlelap tidur.

Allaahumma qinii yauma tab’atsu ‘ibaadaka

“Ya Allah, peliharalah aku dari adzab-Mu pada hari Engkau membangkitkan kembali segenap hamba-hamba-Mu.” Dibaca 3x. (HR. Abu Dawud)

8. Tidurlah di awal waktu. Jangan sering begadang jika tidak ada keperluan yang sangat penting.

9. Bacalah do'a dibawah ini jika terjadi mimpi buruk, kaget, gelisah atau yang lainnya saat sedang tidur :

A'uudzu bikalimaatillaahit taammati min ghadhabihi Wa syarri 'ibaadihi, wa min hamazaatisy syayaathiini wa an yahdhuruuna

“Aku berlindung dengan Kalimatullah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan hamba-hamba-Nya, dari gangguan syetan dan kehadiran mereka kepadaku.” (HR. Abu Dawud)

10. Saat bangun tidur bacalah do'a dibawah ini :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihinnusyuur

"Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami dimatikan-Nya, dan kepada-Nya lah kami dikembalikan". (HR. Al-Bukhari).

Itulah beberapa adab sebelum dan saat bangun tidur yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang bisa saya share hari ini sebagai pengingat diri saya pribadi. Dan semoga bisa bermanfaat juga buat pembaca semuanya yang mampir di blog ini.

Comments