Do'a Ketika Mengalami Mimpi Buruk Yang Diajarkan Rasulullah

Adakalanya saat kita sedang terlelap tidur di malam hari tiba-tiba terbangun dan merasa terkejut karena mengalami mimpi yang sangat buruk. Sampai-sampai mimpi buruk tersebut terus menghantui pikiran kita.

Mimpi itu bisa dikategorikan dalam 3 jenis. Mimpi yang datang dari Allah, mimpi dari syaitan dan mimpi dari diri sendiri. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi SAW :

"Mimpi itu ada tiga macam, yaitu mimpi yang baik sebagai berita gembira dari Allah, mimpi seorang muslim yang dialami oleh dirinya sendiri, dan mimpi sedih yang berasal dari syaitan. Jika salah seorang di antara kalian mengalami mimpi yang tidak disukai, janganlah menceritakannya kepada orang lain, bangunlah, kemudian shalatlah." (HR.Bukhari dan Muslim).

Jika mimpi baik itu datangnya dari Allah, disebut juga ilham. Jika sebelum tidur kita memikirkan sesuatu begitu dalam sampai-sampai terbawa mimpi, itu datangnya dari diri kita sendiri. Dan ada juga mimpi buruk yang menyedihkan biasanya datang dari syaitan.
Do'a mimpi buruk

Jika kita mengalami mimpi buruk ada baiknya saat terbangun meminta perlindungan pada Allah dengan membaca ta'awudz. Kemudian meludah ke sebelah kiri (tiup ke sebelah kiri dengan mengeluarkan sedikit air liur).

Kemudian setelah itu membaca do'a. Inilah do'a saat mengalami mimpi buruk yang diajarkan oleh Rasulullah :

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallaahu, allaahu rabbii, laa syariika lahu. A‘uudzu bikalimaatillaahit taammati min ghadhabihi wa min syarri ibaadihi wamin hamazaatisy syayaatiini wa an yahdhuruun

Artinya : "Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, keburukan hukuman-Nya, kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan setan serta kehadiran mereka."

Menurut situs NU Online, do'a ini diriwayatkan oleh ibnu Suni, Abu Dawud dan At Tirmidzi. Dan Imam Nawawi mengutip hadits ini dalam kitabnya, Al Adzkar.

Untuk menghindari supaya tidak mimpi buruk ada baiknya sebelum tidur memperhatikan adab-adab sebelum tidur. Serta menurut ustadz Abdus Somad bacalah surat Al Fatihah 1x, Kulhu 3x, Falaq 1x dan An Naas 1x dan ayat kursi 1x untuk menghindari godaan syaitan, sihir, teluh, santet, dll.

Dan jika mengalami kejadian mimpi buruk sesuai hadits di atas, kita tidak diperbolehkan menceritakannya kepada orang lain. Karena itu bisa jadi permainan syaitan supaya kita terus memikirkannya sehingga membuat kita sakit.

Adapun kecuali jika kita mengalami mimpi yang baik maka kita diperbolehkan menceritakan pada orang lain. Karena itu merupakan anugerah dari Allah SWT.

Demikianlah do'a disaat kita mengalami mimpi buruk yang bisa saya share hari ini. Semoga bermanfaat.

Comments