Sifat Seseorang Berdasarkan Hari Lahir Versi Paririmbon Sunda

Pada postingan kali ini saya akan membahas sedikit tentang menebak atau melihat sifat/watak seseorang berdasarkan weton atau hari lahirnya menurut versi paririmbon/primbon Sunda zaman dulu.

Untuk masalah ini boleh percaya boleh tidak ya. Disini saya posting hanya sebagai intermezo saja karena lagi bingung mau posting apa.

Biasanya orang tua suku Sunda zaman dulu punya lambang-lambang tertentu untuk hari kelahiran (wedalan) seseorang.
Sifat Seseorang Berdasarkan Hari Lahir Versi Paririmbon Sunda

Misalnya orang yang lahir hari Ahad/Minggu dilambangkan dengan mega (langit).

Dan lambang mega ini ada penjelasannya atau tafsirnya tentang suatu sifat manusia. Biasanya bagi orang-orang yang tahu masalah ini suka digunakan untuk menentukan kecocokan jodoh.

Misalnya saja yang lahirnya hari Minggu cocoknya menikah dengan yang memiliki wedalan hari Rabu. Katanya ya. Katanya. Saya juga gak tahu.

Setidaknya ini jadi tambahan pengetahuan saja dengan budaya orang tua khususnya orang Sunda zaman dulu. Dan sampai sekarang pun sebagian orang tua ada yang masih percaya lho.

Cuma jika saya lihat-lihat hasil dari pengamatan saya terhadap orang-orang terdekat, yang cukup menonjol yaitu orang yang memiliki wedalan hari Selasa. Hampir rata-rata mereka itu baik, punya jiwa sosial yang tinggi.

Cuma sayang, kekurangannya jika tersinggung sedikit saja akan gampang marah. Dan marahnya itu gak tanggung-tanggung. Menyeramkan. Makanya harus agak jaga perasaan dia.

Watak seseorang berdasarkan wedalan versi Sunda


Nah, berikut ini saya share cara melihat watak seseorang berdasarkan hari lahir versi primbon orang-orang Sunda zaman dulu.

AHAD dilambangkan MEGA (LANGIT)

Orang yang wedalannya hari Ahad ini dilambangkan dengan mega. Biasanya banyak temannya dan luas pergaulannya, seluas mega/langit.

Selain itu dia juga termasuk orang yang sangat ramah terhadap setiap orang dan sangat gigih pantang menyerah dalam bekerja.

Hanya saja kekurangan dia yaitu sering berlarut-larut dalam kesedihan. Dan semua keinginannya harus dituruti. Jika tidak, maka dia akan melakukan apapun untuk mendapatkannya bagaimanapun caranya.

Dan dalam masalah percintaan, biasanya wedalan Ahan ini termasuk tipe setia dan bukan orang yang gampangan jatuh cinta.

SENIN dilambangkan  KEMBANG (BUNGA)

Yang lahir di hari Senin ini dilambangkan dengan kembang (bunga). Yang namanya bunga sudah pastinkan banyak disukai orang karena keindahannya.

Begitu juga bagi yang wetonannya Senin lebih cenderung mementingkan penampilannya.

Dimanapun dia berada maka penampilannya akan selalu terlihat rapi. Sehingga tak heran banyak orang yang menyukainya.

Namun kekurangannya, biasanya orang-orang dengan wetonan hari ini dia cenderung keras kepala dan sering membanggakan diri.

Tapi meskipun demikian, si bunga ini termasuk orang yang murah hati.

SELASA dilambangkan SEUNEU (API)

Wedalan selasa ini dilambangkan dengan seuneu (api). Seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa orang yang lahir di hari Selasa ini memiliki jiwa sosial yang tinggi dan senang menolong siapa pun tanpa membeda-bedakan.

Orang ini juga termasuk tipe setia dalam percintaan. Namun saat sudah jadi pasangan, jangan coba-coba mengkhianati atau membohonginya. Karena orang tipe ini akan cepat naik pitam.

Dan marahnya sangat berapi-api sehingga sangat menakutkan. Dia juga termasuk orang yang suka membesar-besarkan masalah.

RABU melambangkan DAUN

Orang yang lahir pada hari Rabu ini dilambangkan dengan daun yang juga melambangkan keteduhan. Sifat orang ini pendiam dan berkepribadian tenang tapi bewibawa dan ramah.

Jika sudah mengenalnya lebih dekat, maka kita akan tahu bahwa dia termasuk tipe orang yang menyenangkan.

Hanya saja kekurangannya orang ini termasuk orang yang plin plan, mudah terbawa arus dan mudah percaya dengan omongan yang belum tentu benar.

Orang ini juga termasuk tipe orang yang tidak mau diperintah sehingga agak sulit jika diperintah. Namun baiknya, dia termasuk tipe yang sangat sayang pada keluarga.

Dan menurut apa yang saya lihat orang yang wedalan ini khususnya perempuan sangat menyukai anak kecil. Apalagi jika sudah punya anak. Maka rasa sayang pada anaknya akan terlihat sangat berlebihan.

KAMIS melambangkan ANGIN

Orang dengan wedalan angin ini biasanya memiliki semangat kerja yang sangat tinggi, tidak suka diganggu saat bekerja, tekun, tidak mudah menyerah serta giat dalam berlatih.

Hanya saja orang ini termasuk tipe yang tidak betahan di rumah, lebih senang jalan-jalan. Orangnya juga curigaan terlalu berlebihan, cemburuan, cerewet dan suka lupa diri ibarat kacang lupa kulitnya.

Namun hal yang paling patut diacungi jempol dari orang yang lahir di hari Kamis ini yaitu termasuk orang yang memiliki sifat tidak pernah dendam.

JUM'AT melambangkan CAI (AIR)

Air melambangkan kesejukan, tenang dan membawa kesegaran. Tapi bisa juga menjadi dahsyat kekuatannya seperti gelombang ombak di lautan.

Orang ini termasuk tipe yang pendiam, tapi bukan berarti bodoh. Hanya saja dia berprinsip lebih baik diam daripada banyak bicara yang kurang penting dan berguna.

Wibawa orang ini sangat besar, makanya tak heran jika dia banyak dikagumi orang dan cukup terkenal.

Dan kelemahan dari orang dengan wedalan Jum'at ini yaitu orangnya egois, keras kepala, senang membanggakan diri dan kemauannya harus selalu dituruti.

Orang ini juga termasuk tipe pemurung dan suka mengeluh.

SABTU melambangkan BUMI

Orang dengan wedalan hari Sabtu ini biasanya memiliki fisik yang kuat, kokoh, tegar dan memiliki pendirian yang kuat.

Memiliki cita-cita yang tinggi serta murah hati. Sehingga ia tak akan merasa segan untuk memberikan apapun yang dia miliki, asalkan bisa menolong orang lain.

Hanya saja kekurangan dari orang ini yaitu memiliki sifat yang egois dan sombong. Serta selalu ingin memiliki dan menguasai apa saja yang dia sukai.

Tapi baiknya dari orang ini termasuk tipe yang tak mudah cepat putus asa dan pantang menyerah untuk menggapai apa yang dia inginkan.

Nah itulah beberapa penjelasan tentang sifat atau watak seseorang dilihat dari wedalannya menurut versi orang Sunda. Adapun percaya atau tidaknya itu dikembalikan lagi ke pembaca sekalian.

Ini hanya sekedar share pengetahuan orang tua zaman dulu saja. Adapun jika ada kesamaan, mungkin itu hanya kebetulan saja.

Comments