Cara Minum Rasulullah 3 Tegukan Supaya Terjaga Dari Kemaksiatan

Salah satu bukti cinta kita kepada junjunan kita, Rasullullah yaitu dengan melestarikan dan mengamalkan sunnahnya. Salah satu sunnah yang paling sering bisa kita lakukan setiap hari yaitu dengan mengikuti cara minum Rasulullah.

Ada salah satu cara minum yang diajarkan Rasulullah yang jika diamalkan secara kontinyu, maka insya Allah akan menghindarkan kita dari melakukan perbuatan maksiat.
Rasulullah 3 Tegukan Supaya Terjaga Dari Kemaksiatan

Cara ini diambil dari ceramah Asy-Syaikh Al-Imam Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawi yang dinukil dan dialihbahasakan oleh Sayyidil Habib Alwi bin Ali Alhabsyi. Videonya bisa dilihat di Youtube.

Syaikh Al-Imam Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawi ini merupakan ulama besar dari negeri piramid, Mesir yang sangat terkenal dan fatwanya menjadi rujukan ulama dunia.

Berikut adalah petikan dari kalam Asy-Syaikh Al-Imam Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawi dalam ceramahnya tentang cara minum yang diajarkan oleh Rasulullah yang dapat menghindarkan kita dari keinginan untuk melakukan kemaksiatan.

إنَّك اذا ما اقبلتَ على شَربَةِ مَاء , فقَسِّمْهُ اَثلاَثًا

Sesungguhnya jika engkau saat akan meneguk air minum, maka bagilah dengan 3 kali tegukan.

إشْرَبْ أوّلَ جَُرعَةٍ وقُلْ بِسْمِ اللَّه، واشْرَبْهَا ! ثمَّ انْتَهِ مِنَ الجرعة و قُل الحَمدُ لِلّٰه

Minumlah pada tegukan pertama dan ucapkan Bismillah lalu minumlah! Kemudian setelah selesai ucapkanlah Alhamdulillah.

 واقتَدِ الىَ الجُرعَة الثَّانِيَة وقل بسم الله، وانْتَهِ منها وقل الحمد لله

Lalu ikuti pada tegukan selanjutnya dan ucapkan Bismillah, dan bila telah selesai dari tegukan kedua ini ucapkan kembali Alhamdulillah.

 ثم اخْتِمْ بالثّالثَة و قل بسم الله و اختِمهَا بقولِكَ الحمد لله
ً
Kemudian akhiri pada tegukan yang terakhir dan ucapkan Bismillah, lalu setelah kau minum ucapkan Alhamdulillah.

 إِذَا أَخَذْتَ شَرْبَةَ مَاءٍ بهٰذِهِ الطَّرِيقَة الّتِي نُقِلَتْ عَنْ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليهِ وَ سلَّم.. طَالَمَا كَانَ فِي جَوفِكَ ذٰلكَ المَاء فَلمْ تحدّثكَ ذَرّة بمَعْصِيَةِ الله

Jika engkau mempraktekkan saat meminum air dengan cara seperti ini (yang dinukilkan dari cara Rasulullah SAW), ketahuilah selama air itu ada dalam perutmu maka tak akan terjadi di tubuhmu untuk ada keinginan melakukan maksiat walau hanya sebesar biji dzarrah di hadapan Allah.

Jadi dapat disimpulkan bahwa jika kita ingin minum sesuai tuntunan dari Rasulullah maka kita harus membaginya menjadi 3 tegukan. Jangan minum sekaligus satu tegukan.

Pada tegukan pertama sebelumnya baca Bismillah dahulu dan baca Hamdallah sesudahnya. Lalu dilanjut pada tegukan kedua dan ketiga dengan sama-sama diawali dengan Bismillah dan diakhiri dengan Hamdallah.

Selain itu yang tidak boleh dilupakan adalah adab dalam makan dan minum yaitu gunakan dengan tangan kanan dan lakukan sambil duduk, jangan sambil tiduran.

Mudah-mudahan kita bisa istiqomah melakukan salah satu sunnah Nabi dalam kehidupan sehari-hari yang cukup mudah ini. Dengan cara ini semoga kita dijauhkan oleh Allah SWT dari keinginan untuk melakukan maksiat dan dosa yang dilarang oleh agama.

Comments