Cara Mengedit Tulisan Chatting Di Whatsapp Tanpa Aplikasi

Kali ini saya akan share tentang bagaimana cara merubah tulisan biasa saat chatting di whatsapp menjadi lebih bervariasi tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Misalnya saja menebalkan huruf (bold), huruf miring (italic) dan huruf dicoret (strikethrough).

Sebenarnya mengedit tulisan ini sangat mudah sekali, cuma dengan menyisipkan kode-kode tertentu sebelum pesan itu dikirim ke si penerima maka tulisan chat tersebut otomatis nanti akan berubah.

Berikut adalah cara merubah tulisan dalam chat di WA supaya lebih bervariasi. Dan bentuk tulisan tersebut memiliki kegunaan masing-masing.

Tulisan tebal (bold)

Huruf tebal (bold) ini biasanya digunakan oleh seseorang sebagai penegasan kalimat terhadap suatu pernyataan dalam sebuah tulisan.

Nah, untuk bisa membuat tulisan tebal di chattingan whatsapp hanya perlu membubuhkan kode bintang (*) di awal dan di akhir tulisan. Contohnya saja seperti ini *bold*.

Tulisan miring (italic)

Jika tulisan tebal digunakan untuk membuat penekanan pada suatu kalimat pernyataan, maka tulisan miring (italic) ini biasanya digunakan untuk menunjukan suatu kata atau istilah yang diambil dari bahasa asing.

Cara membuat tulisan italic di chatting whatsapp yaitu dengan cara menyisipkan underscore (_) di awal dan akhir tulisan. Contohnya seperti ini : _italic_.

Tulisan dicoret tengah (strikethrough)

Nah biasanya kita kadang suka menemukan sebuah kata atau kalimat dalam artikel yang dicoret di tengahnya (strikethrough).

Fungsi dari coretan tengah di dalam tulisan tersebut biasanya dijadikan sebagai tanda revisian atau koreksi dalam sebuah tulisan.

Supaya bisa  membuat tulisan tersebut di dalam chat whatsapp, kita hanya tinggal menambahkan kode tidle (~) yang disimpan di awal dan di akhir tulisan. Contohnya seperti ini ~strikethrough~.

Merubah tulisan menjadi font monospace

Selain membuat tulisan bold, italic dan strikethrough, kita juga bisa merubah bentuk hurufnya yang tadinya biasa menjadi font monospace.

Maka hurufnya akan terlihat seperti tulisan kode dalam komputer.

Supaya font-nya bisa berubah menjadi monospace, kita hanya perlu menyisipkan apostrof (') sebanyak 3 kali sebelum dan sesudah kata atau kalimat yang akan kita ubah. Contohnya seperti ini : '''monospace'''.

Demikianlah cara merubah beberapa tulisan yang bisa kita gunakan dalam chattingan di aplikasi whatsapp tanpa perlu memakai bantuan aplikasi pihak ketiga.

Mudah sekali, bukan? Selamat mencoba.

Comments