Cara Memperbaiki Internet Banking BRI Yang Terblokir

Di postingan ini saya akan sedikit share pengalaman saya ketika layanan internet banking (IB) BRI saya terblokir.

Menurut saya pribadi, saya lebih nyaman menggunakan layanan internet banking daripada menggunakan mobile banking kalau dari bank BRI. Kecuali untuk bank BNI saya lebih menyukai menggunakan mobile banking.

Makanya pada saat internet banking terblokir, saya jadi agak kerepotan saat mau cek saldo atau cek transferan. Saya harus mengusahakan pergi ke ATM. Cukup capek juga jika lagi mager (males gerak).

Ada banyak sekali yang bisa menyebabkan akun internet banking BRI bisa terblokir. Salah satunya yang paling sering terjadi adalah salah memasukan kata sandi sebanyak 3 kali saat lupa password.

Biasanya muncul kode BBR00Q2 jika internet banking kita terblokir. Sebenarnya masih banyak lagi kode-kode lainnya sesuai permasalahannya. Cuma yang pernah saya alami muncul kode yang ini.

Cara mengaktifkan internet banking yang terblokir

Nah jika sudah muncul peringatan seperti gambar di atas, segeralah memperbaikinya jika ingin segera menggunakan lagi layanan internet banking.

Bagaimana cara memperbaikinya? Yang jelas pasti di layar monitor kita akan disuruh menghubungi call center BRI di nomer tertentu seperti gambar di atas.

Yang jadi masalah jika kita tidak memiliki pulsa atau telpon rumah untuk nelpon ke nomer tersebut atau merasa sayang dengan pulsanya karena tarifnya akan sangat mahal jika nelpon dari smartphone.

Nah jika masalahnya demikian, ada 2 cara yang bisa kita tempuh untuk memperbaki layanan internet banking supaya bisa  aktif kembali, yaitu menghubungi call center BRI atau datang langsung ke kantor BRI terdekat.

(1). Datang langsung kantor cabang BRI terdekat

Jika merasa enggan untuk menghubungi call center BRI, maka kita harus datang langsung ke kantor BRI dengan menjelaskan masalahnya secara terperinci ke Customer Service.

Nantinya si CS akan meminta beberapa data. Persiapkan dari awal sebelum berangkat ke kantor cabang tersebut.

Biasanya CS akan menyuruh untuk menunjukan KTP asli, buku rekening tabungan BRI dan kartu ATM nya.

Setelah itu CS akan memprosesnya. Dan pengaktifan kembali internet banking biasanya sebentar, tidak memakan waktu yang lama.

(2). Menghubungi call center BRI

Cara kedua ini jika tidak mau atau tidak sempat untuk datang ke kantor BRI.

Sebelum memutuskan untuk nelpon, persiapkan dulu buku rekening tabungan, kartu ATM dan kartu identitas (KTP/SIM/Paspor). Karena CS biasanya akan menanyakan nomer rekening dan data-data lainnya.

Selain itu jika menelpon dari Hp atau smartphone, siapkan juga pulsa yang banyak karena akan memakan pulsa yang cukup banyak jika diibandingkan dengan nelpon ke sesama operator.

Penyebab dan cara mengaktifkan kembali internet banking terblokir

Sebagai tambahan, gambar di atas adalah saat saya menanyakan masalah kenapa internet banking saya bisa terblokir padahal saya tidak salah memasukan kata sandi.

Dan ternyata dari jawaban CS di facebook ada 4 penyebab IB terblokir. Dan kesalahan saya ternyata saya tidak melakukan aktivasi m-Token yang dikirim melalui SMS selama lebih dari 7 hari.

Itulah sedikit pengalaman saya tentang cara mengaktifkan kembali user ID internet banking BRI yang terblokir.

Semoga bermanfaat...!!!

Comments